Jumat, 25 April 2014

Biji Ketapang

Anak-anak lagi libur seminggu libur Paskah berarti rumah ramai dan pasti berantakan lagilah...arrggghhh....hahhahaha...

Harus buat stock cemilan yang banyak di rumah sebab selesai memberantakin rumah pasti bawaannya lapar...hihihihi..

Salah satu yang saya buat adalah biji ketapang. Sama sekali belum pernah cemilan yang berbentuk kriuk-kriuk dan sekarang coba menerima tantangan ini. Berhasilll....!!! Senangnya apalagi anak2 suka bangett...

Resepnya campur-campur aja, terigu, santan, gula pasir, garam dan sedikit keju, diaduk sampai kalis, dipotong-potong terus digoreng dehhh..

Dan ini dia hasilnya:





Gulai Kepiting & Daun Ubi




Makan masakan ini, terkenang masakan mamak waktu kami kecil dulu. Mamak suka sekali membuat masakan ini karena kami semua suka...Apalagi kalo daun ubi dimasak dengan kacang hijau, digulai...hmmm, maknyussss...Daun ubi yang saya maksud disini daun singkong ya bunda...bukan daun ubi jalar.

Ternyata dari masakan bisa membawa kita kembali ke masa-masa kecil dulu..sungguh menyenangkan...!!!!

Cara membuatnya sama saja dengan cara membuat gulai yang lain, tapi satu pengecualiannya, saya selalu menambahkan asam cekala (patikala) di setiap gulai yang saya buat. Dan pada gulai ini, kebetulan saya tambahkan batang rias/kecombrang, karena sewaktu jalan ke kebun ada batang rias muda yang sangat wangi, saya iris-iris dan saya tabur pada gulai ini. Hmmmm...wangiii sekali...

Ini dia penampakkannya...









Selasa, 15 April 2014

Lemper Abon


Punya stock abon di dapur yang kemaren dibeli untuk lauk anak-anak ketika sakit bondongan, dimakan sama bubur karena lagi ga bisa makan makanan keras. Punya dua pilihan buat sus maker atau lemper, jatuhnya ke lemper, abis udah lama banget ga makan lemper. 

Ketemu resepnya di sajiansedap.com, ini dia:

Bahan:

200 gr beras ketan putih, rendam semalaman
1 lbr daun salam
1 btg serai, geprek
3/4 sdt garam
125 ml santan


Isian :

100 gr abon


Cara Membuat:

1. Tiriskan beras ketan, kukus selama 15 menit., angkat.
2. Rebus sampai mendidih santan, serai, daun salam dan garam, matokan api.
3. Masukkan beras ketan, aduk sampai santan terserap habis.
4. Kukus lagi selama 30 menit sampai matang.
5. Ambil sedikit ketan, pipihkan, taruh abon, bentuk petak.

Ada juga sih resep yang mengatakan beras ketan yang sudah matang, ditumbuk halus lagi biar lebih padat dan menyatu. Tapi untuk saat ini saya ga melakukannya, mungkin lain kali ya...






Dan ternyata Joy suka banget ama kue ini, dia bilang nasi pake abon...hehehe


Senin, 07 April 2014

Brownies Avocado


Suka banget makan alpukat, biasanya dijus ama susu milo, enakk....Dan kali ini pengen buat yang lain deh, udah bosan dijus melulu.

Kemaren dulu pernah dishare di FB ama adek, resep avocado brownies, ehh kok ga ketemu lagi yee filenya. Akhirnya browsing2 resep di internet, nemu resep di salah satu web, lupa dimana..tapi ga pake margarin ama tepung. Akhirnya saya coba modifikasi sendiri dengan memakai margarin dan tepung, ini dia resepnya:

4 btr telur
225 gr gula pasir
100 gr DCC
150 gr margarin, lelehkan
1 bh alpukat matang, kupas dan haluskan
1 sdt Baking Powder
1/4 sdt garam
keju parut dan choco chip untuk taburan
110 gr terigu serbaguna
40 gr coklat bubuk
10 ml susu cair

Cara Membuatnya:

1. Lelehkan margarin, masukkan DCC, aduk sampai DCC meleleh dan masukkan alpukat yang sudah dihaluskan, aduk sampai rata. Sisihkan.
2. Kocok gula pasir dan telur sampai kental dan mengembang dengan mixer kecepatan tinggi.
3. Masukkan campuran margarin, DCC dan alpukat, kocok rata.
4. Rendahkan kecepatan mixer, masukkan terigu, baking powder, garam, susu cair dan coklat bubuk, kocok sebentar saja sampai tepung tercampur rata.
5. Panggang di oven bersuhu 180 derajat celcius sampai setengah mengembang, keluarkan loyang, taburi dengan keju dan choco chip, masukkan kembali ke oven, panggang sampai matang.

Dan ini dia penampakannya:



Browniesnya lembut banget seperti dikukus saja, dan alpukatnya sungguh terasa di mulut. Pokoknya mantappp dehhh....




Ayoo deh bunda dicobain di dapurnya...


Jumat, 04 April 2014

Chocolate Muffin

Reposting aja dari resep Choco Chip Muffin yang sebelumnya pernah ada di blog ini. Suka buat muffin untuk 2 gadis kecil di rumah. Membuatnya mudah da habisnya juga cepat..hehehe....



Rabu, 26 Maret 2014

Puding Lapis Coklat Labu Kuning


Ini juga salah satu olahan dari labu kuning yang kebetulan saya buat. 

Resepnya:

1 bgks agar2 plain
600 ml susu UHT plain
250 gr labu kuning, kukus, haluskan dengan sendok
100 gr gula pasir
1 sdt pasta coklat

Cara Membuat:

1. Campur agar-agar, susu, labu kuning dan gula pasir.
2. Rebus di atas api hingga mendidih.
3. Ambil 3 sendok sayur adonan, tambahkan pasta coklat, aduk rata.
4. Tuang adonan coklat ke dasar cetakan puding, biarkan setengah dingin dan mengeras.
5. Kemudian tuangkan adonan kuningnya ke atas adonan coklat secara perlahan, kemudian biarkan dingin dan mengeras.

Tidak susah kan bunda..ayoo deh dicobain...


Cake Labu Kuning (Pumpkin Butter Cake)



Punya labu kuning di rumah, mau dibuat apa ya...? yang mudah2 aja deh, dijamin ga bakalan gagal, ini dia cake labu kuning.

Resepnya contek dari blognya mbak Hesti, tq ya mbak...

Bahan:

300 gr terigu serba guna
200 gr margarin
200 gr gula pasir
5 btr telur
250 gr labu kuning kukus dan haluskan pakai sendok
1/4 sdt garam
keju parut dan buah kering untuk taburan


Cara Membuat:

1. Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut dengan mixer kecepatan tinggi.
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus.
3. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan terigu, garam bergantian dengan labu kuning halus, sampai habis.
4. Masukkan ke loyang, taburi keju parut dan buah kering.
5. Panggang di oven 180 derajat selama 45 menit atau sampai matang






Pokoknya dijamin ga bakalan gagal deh..yukk dicoba bunda...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...