Kamis, 20 Maret 2014

Rawon (Jawa Timur)




Saya sangat menyukai masakan yang satu ini, ga tau kenapa ya..yang ada emang enakkan si rawon ini. Dan beruntungnya ada satu warung makan yang menjual rawon yang lumayan enak menurut ukuran saya.

Dan sesuai kebiasaan saya yang udah lama saya pupuk, hihihi...saya sangat menyukai mengobrol dengan para pedangang makanan, salah satunya si mbak penjual rawon, yang asli dari Jawa Timur, merantau ke Sumatera Selatan. Akibat keramahan saya, akhirnya saya mendapat bumbu halus untuk rawon ini, tinggal menambahi serai, lengkuas, daun jeruk dan garam aja. Asikkkan, makanya sering deh ngobrol dengan para pedagang makanan, wkwkwkwk...

Sebenarnya sih membuat rawon tidak begitu susah, cuma di sini ga ada keluwak, itu masalah besarnya...!!! Ini ada resep membuat rawon, saya ambil dari www.royco.co.id:

Bahan:

500 gr daging sandung lamur
3 ltr air
1 dengkul sapi, belah
3 lbr daun jeruk
1 ruas jari lengkuas, geprek
1 bh serai, geprek
5 sdm minyak, untuk menumis
2 bh daun bawang, iris tipis


Bumbu Halus:

2 bh keluwak, 
7 btr bawang merah
3 btr bawang putih
2 cm kunyit
3 cm jahe
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt lada


Cara Memasak:

1. Rebus daging dan dengkul setengah lunak, potong daging sesuai selera, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan daun jeruk hingga harum dan matang, masukkan daging, masak hingga bumbu meresap.

3. Masukkan tumisan daging ke kuah kaldu, masak hingga daging lunak, masak dengan api kecil.

4. Sajikan dengan sambal terasi, kecambah, telor asin dan kerupuk.


Dan ini dia penampakannya:





Kebetulan di rumah lagi kosong tuh si kerupuk, telor asin dan kecambah, tapi tidak mengurangi kenikmatan menyantap si rawoni ini. Yukk dicobain ya bun...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...